Senin, 15 Maret 2010

Mengatasi Rasa takut dan Cemas saat naik pesawat


Pekerjaan saya sebelum resign adalah sebagai support engineer di salah satu vendor alat survey merk ternama di Indonesia. Pekerjaan ini menuntut saya harus sering terbang naik pesawat. Karena customer kita tersebar di seluruh penjuru tanah air dari sabang sampai merauke. Saat awal-awal, naik pesawat merupakan perjalanan yang menyenangkan buat saya, gak ada rasa takut ataupun cemas. Apalagi saat itu saya masih bujang, masih senengnya jalan-jalan mencari pengalaman dan suasana baru.

Tiga tahun terakhir naik pesawat bukan sesuatu yang menyenangkan buat saya, ada rasa takut, cemas selalu merasuki jiwa saat saya sudah di kabin pesawat. Saat yang paling menyenangkan bagi saya adalah saat pesawat sudah mendarat dan berhenti sempurna dengan selamat. Selain itu, tidak ada yang menyenangkan yang bisa saya rasakan saat naik pesawat.
Berikut sedikit trik, agar kita tidak terlalu takut, cemas ataupun stress saat naik pesawat. Mungkin tidak semua orang sama, apa yang dilakukan untuk mengurangi rasa itu, tapi setidaknya hal ini bisa sedikit mengurangi rasa stress saya saat naik pesawat.
  1. Berdoa, sebagai orang yang beragama berdoa sangat penting, hidup dan mati kita, kita serahkan kepada Allah SWT, Pilot dan Crew lainnya sudah berusaha maksimal untuk menerbangkan pesawat dengan selamat, tetapi Allah SWT yang menentukan. Bacaan doa biasanya juga sudah tersedia di depan tempat duduk kita.
  2. Bawa buku bacaan yang menarik, sehingga bisa memecah konsentrasi kita.
  3. Tidur, ini yang paling ampuh. Usahakan kondisi badan kita dalam kondisi ngantuk jadi bisa tertidur pulas di pesawat.
  4. Terbang di pagi hari, cuaca dipagi hari biasanya lebih bersih tidak terlalu banyak awan, sehingga tidak terlalu banyak guncangan.
  5. Ngemil, bawa camilan, hal ini juga bisa mengurangi rasa stress untuk sebagian orang.
  6. Pilih pesawat yang paling baru, secara psikologis rasa khawatir kita agak berkurang kalo kita naik pesawat baru.

Mungkin hanya itu yang bisa saya bagi hari ini, tulisan ini dibuat saat saya sedang menunggu conecting flight Pontianak - Ketapang via KALSTAR air line. Setelah hampir tiga bulan tidak naik pesawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar